KSB (Obormerahnews.com)-Bupati Sumbawa Barat, Dr.Ir.H.W.Musyafirin.MM Launching  penyaluran Jaminan Pengaman Sosial (JPS) Pariri, bertempat di halaman Kantor Kelurahan Telaga Bertong, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Senin (8/6/2020), pukul 10.00 Wita.

Baca juga : Pemkot Sukabumi Berlakukan Pembatasan Jam Operasional Tempat Hiburan Dan Siap Berikan Sanksi

Pelaksanaan Program Jaring Pengaman Sosial ini merupakan bentuk komitment Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dalam memberikan Layanan Sosial Dasar kepada masayarakat yang terdampak dari Pandemi ini.

Sekda Kabupaten Sumbawa Barat H. Abdul Azis SH.MH dalam laporannya mengatakan bahwa Dinas Sosial beserta Kepala Desa/Lurah serta Camat Se Kabupaten Sumbawa Barat telah bekerja selama satu bulan penuh dalam melakukan Verifikasi Validasi serta pemadanan data penerima Jaring Pengaman Sosial Pariri di Kabupaten Sumbawa Barat sehinga ditemukan angka angka penerima JPS Pariri,pemerintah terus berkerja keras dalam mengatasi imbas kebijakan yang diambil untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Salah satu strategi yaitu melakukan Refocusing anggaran dibidang sosial, ekonomi dan kesehatan. Khusus di bidang Sosial, memfocuskan anggaran di Jaring Pengaman Sosial yang bertujuan mencegah resiko sosial masyarakat serta membantu peningkatan daya beli masyarakat”, jelasnya.

Pemerintah telah melaksanakan berbagai program perlindungan sosial dalam rangka mengatasi pandemi ini antara lain, Perluasan Kepesertaan PKH. Penambahan Jumlah Penerima Bantuan Pangan Nontunai yang jumlahnya sebanyak 11.229 Keluarga Penerima Manfaat (KPM, red) di Kabupaten Sumbawa Barat. Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) 8600 KPM. Serta Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Jaring Pengaman Sosial Gemilang telah menyalurkan bantuan kepada 2535 KPM.

“Saat ini Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat telah menyiapkan rancangan JPS Pariri melalui skema penambahan jumlah bantuan serta penambahan jumlah penerima yang akan diberikan kepada 10. 328 KPM dengan rincian skema sebagai berikut, Keluarga Rentan yang berjumlah 2.878 KPM akan diberikan Bantuan sebesar Rp. 600.000.
Penerima Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) murni yang berjumlah 4915 KPM akan diberikan Tambahan sebesar Rp. 400.000,- serta Penerima JPS Gemilang berjumlah 2535 diberikan tambahan oleh Pemda KSB sebesar Rp.350.000,” ungkapnya.

Bupati Sumbawa Barat dalam sambutannya menuturkan bahwa sumber anggaran bantuan dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Bantuan Desa itu semuanya berasal dari uang negara, sehingga jika wilayahnya besar maka nilai bantuan pangan non tunai di berikan dalam jumlah yang kecil.

Lanjut Bupati bahwa JPS gemilang Provinsi yang jumlah sasarannya 2535 Keluarga Penerima Manfaat (KPM, red) mendapatkan Rp.250.000,- dalam bentuk sembako sehingga Pemerintah Kabupaten Melalui APBD mengintervensi dengan menambah Rp. 350.000,- sehingga menjadi Rp 600.000. Untuk Bantuan Pangan Non Tunai di berikan dengan sasaran Keluarga Harapan dengan jumlah yang sama yaitu Rp 600.000,-“.

“Semua yang mendapat gaji dari APBN atau uang negara tidak boleh mendapatkan bantuan jaring Sosial”, tegas Bupati

Bupati menghimbau kepada masyarakat apabila masih ada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan baik dari JPS pariri maupun JPS gemilang maka akan di koordinir oleh desa yang bersumber dari dana desa dengan jumlah bantuan sebesar Rp.600.000,-“.

“Untuk Santunan Fakir Miskin dari Baznas Kabupaten Sumbawa Barat (FM332) di salurkan untuk 2 (dua) bulan yaitu bulan April dan Mei dengan jumlah Rp.400.000,- dan Program Lansia awal tahun ini kita sudah salurkan selama 3 (tiga) bulan,” pungkas Bupati Sumbawa Barat.

Baca juga : PPDB TK-SMP Kota Sukabumi Akan Segera Dibuka Dan Tidak di Pungut Biaya

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H W. Musyafirin, M.M. Ketua DPRD Kab.Sumbawa Barat, Kaharuddin Umar, Sekda Kab.Sumbawa Barat H. Abdul Azis, SH.MH, Asisten III KSB, Agus Hadenan. Unsur SKPD Kab.Sumbawa Barat, Kepala BNN Kab.Sumbawa Barat AKBP Cheppy Achmad Hidayat, S.Ag, Kasdim 1628/SB Mayor Inf Ahmad Nurodin Hidayat S.Sos, Wakapolres Sumbawa Barat Kompol Teuku Ardiansyah SH, Ketua Baznas Kab.Sumbawa Barat H. M. Jafar Yusuf, S.Sos. Kepala Cabang PT BANK NTB SYARIAH Kab.Sumbawa Barat. Kasat Pol PP Drs. H. Hamzah. Camat Se-Kab.Sumbawa Barat. Lurah dan Kepala Desa Se-Kab.Sumbawa Barat serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Telaga Bertong. (DND)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here