Kab. Tasik (obormerahnews.com)-Diskusi permohonan untuk pemulangan Iwan, pasien positif Covid-19 antara pihak Rumah Sakit Kabupaten dan tokoh masyarakat Ciomek di Madrasah Ciomek, Kampung Sinang Hurip, Desa Cikalong, Kecamatan Cikalong, Kamis (13/8/2020) berlangsung alot.

Baca juga : Kapolres Sumbawa Barat Serius Tangani Insiden Unras Di Depan Graha Fitrah

Pasalnya, selama satu bulan diisolasi di Rumah Sakit Kabupaten dari hasil tes swab pasien masih menunjukan positif Covid-19.

Diskusi tersebut dihadiri Tokoh masyarakat, Bhabinmas, Bhabinsa, Kanit Intel Polsek Cikalong serta Kepala Dusun Ciomek.

Kepala Puskemas Cikalong, Dayat menjelaskan, bahwa selama satu bulan pasien diisolasi, namun hasilnya masih positif. Yang akhirnya pasien mengalami stres.

“Biasanya kan kalau diisolasi paling 7 hari atau 14 hari langsung pulang. Tapi dalam kasus Iwan ini selama 1 bulan hasilnya tetap positif. Akhirnya Iwan cenderung mengalami stres,” ujarnya.

Dayat menyampaikan, dengan pertimbangan dari pihak Rumah Sakit Kabupaten, akhirnya mengusulkan agar pasien di pulangkan kerumahnya.

“Dengan syarat harus isolasi mandiri dirumah, jangan kontak langsung dengan orang selama 10 hari. Dan akan terus dipantau pihak Puskesmas Cikalong beserta tokoh masyarakat setempat,” terangnya.

Sementara, H. Eri, salah satu tokoh masyarakat beranggapan bahwa Iwan tidak layak untuk dipulangkan, karena masih positif Covid-19. “Kenapa yang masih positif harus di pulangkan? Kan masih positif?,” imbuhnya.

Setelah diskusi yang begitu lama antara pihak Rumah Sakit Kabupaten dengan beberapa tokoh masyarakat setempat, akhirnya disepakati untuk menerima pasien tersebut.

“Asalkan dari tim Gugus Tugas Covid-19 ada surat pernyataan bahwa Iwan bisa diterima kembali oleh masyarakat Ciomek,” tandasnya.

Baca juga : Camat Jampangkulon Resmikan Jembatan Penghubung, Kades Padajaya dan Warga Ucapkan Terima Kasih

Rencananya pasien akan di pulangkan langsung ke kampung halamannya oleh pihak Rumah Sakit Kabupaten, setelah mendapat kesepakatan dari hasil diskusi tersebut.(Herman)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here