KSB (Obormerahnews.com)-Tim Visitasi dan Validasi penilaian lomba kampung sehat tingkat Kabupaten Sumbawa Barat di Desa Bukit Damai Kecamatan Maluk di sambut penuh meriah, di mulai dari  gerbang jalan Pangeran Adipati sampai ke halaman Kantor Desa, yang di suguhi kesenian reog Ponorogo, Selasa (8/9/2020), pukul 8.30 Wita.

Baca juga : Wajib, Pengecekan Suhu Sebelum Masuk Area Kantor Polres Banjar

Camat Maluk Anugerah dalam laporannya mengucapkan selamat datang kepada ketua dan anggota tim Visitasi dan Validasi penilaian lomba kampung sehat tingkat Kabupaten Sumbawa Barat di Desa Bukit Damai Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat.

Lanjutnya sejak covid -19 mewabah di tanah air dan masuk ke semua sendi kehidupan masyarakat, maka pada saat itulah muncul ide cemerlang dari Bapak Kapolda NTB, untuk meretas mata rantai penyebaran dan penularan Covid -19 di Provinsi NTB,” jelas Camat Maluk.

Ia mengatakan dengan mengadakan lomba kampung sehat yang telah di launching sejak tanggal 19 juni 2020.

Menurutnya, Bapak Bupati Sumbawa Barat cepat tanggap dan menyambutnya, Alhamdulilah 3 Desa di Kecamatan Maluk hari ini akan di nilai oleh Tim dari Kabupaten,” ujarnya.

Terima kasih kepada Bapak dan ibu Kepala Desa beserta seluruh warga Kecamatan Maluk yang telah ikut ber partisipasi dalam lomba kampung sehat Tahun 2020 ini.

Ia menambahkan, alhamdulilah Desa Bukit Damai sudah di tetapkan oleh Tim penilai Provinsi sebagai Desa Madani.

Tujuan kami tidak mengutamakan juara, tetapi kami ikut berpartisipasi dalam membangun Desa kami, kebersamaan dalam mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid -19), itulah tujuan utama bagi kami,” tegasnya.

” Jika Bapak dan ibu tidak bisa menjadi pensil untuk menulis kebahagiaan orang lain maka jadilah penghapus untuk menghapus kesedihan orang lain,” tutup Camat Anugerah.

Di tempat yang sama Ketua Tim Visitasi dan Validasi penilaian lomba kampung sehat tingkat Kabupaten Sumbawa Barat ,Wakapolres Sumbawa Barat Kompol Teuku Ardiansyah SH, Menuturkan patut kita syukuri karena kita bisa hadir di Kecamatan Maluk terutama di Desa Bukit Damai,” tuturnya.

Ia mengatakan, ini merupakan program unggulan dari Bapak Kapolda NTB, kegiatan ini sudah di akui sampai tingkat pusat, patut kita berikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada Bapak Kapolda NTB, dan juga kepada Bapak Bupati Sumbawa Barat beserta jajarannya yang sudah bisa melaksanakan dan mendukung kegiatan ini secara maksimal,ini di buktikan dengan kehadiran tim yang sebagian besar dari instansi Pemerintah Daerah.” Jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan ini untuk memutus mata rantai mewabahnya Corona Virus Disease (Covid -19) di NTB terutama di Kabupaten Sumbawa Barat, mudah – mudahan di kecamatan Maluk partisipasi masyarakatnya,keinginan masyarakatnya untuk menghadapi Virus Corona ini cukup besar,” harapnya.

Kita harus patuh dengan instruksi Presiden, Peraturan Gubernur, termasuk Peraturan Bupati Sumbawa Barat, yang paling utama lakukan 3 M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan di air yang mengalir serta menjaga jarak, physical distancing, untuk itulah Bapak Kapolda NTB mempunyai ide lomba kampung sehat, tujuan utamanya ingin melihat partisipasi masyarakatnya dalam menghadapi Corona Virus Disease (Covid -19) ini,” tandasnya.

Alhamdulilah partisipasi masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat dalam mengikuti kampung sehat ini sungguh luar biasa.

Ketua tim memaparkan, sampai saat ini belum ada obat untuk Virus Corona, kita hanya bisa mencegah yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah di keluarkan oleh pemerintah baik dari pusat, provinsi, maupun pemerintah daerah.

Perlu di ketahui bersama batas sosialisasi untuk penyampaian peraturan tersebut tanggal 14 september 2020, dan di tanggal 15 september 2020 apabila ada masyarakat yang melakukan pelanggaran tentunya akan di kenakan sangsi, yaitu sangsi denda dan termasuk sangsi hukuman, mari kita sama – sama patuhi supaya wilayah kita tetap berada dalam zona hijau sesuai harapan kita bersama,” tegasnya.

Kompol Teuku Ardiansyah SH, menghimbau terkait di Kabupaten Sumbawa Barat akan di laksanakan Pilkada serentak di harapkan kepada  yang mengikuti tahapan kegiatan tetap patuhi protokol kesehatan, selalu memakai masker, tetap menjaga jarak dan tetap mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan Handsanitizer, agar selama tahapan pilkada sampai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih kita semua tetap di beri kesehatan dan di lindungi oleh ALLAH SWT, itu yang kita harapkan dari kegiatan ini semua, tentunya partisipasi masyarakat yang paling utama,” pungkasnya.

Baca juga : Kasus LF dan CP, Ketua KPAI Minta Polisi Proaktif, Dedi Supriadi Sebut Kadis KB dan P3A Pangandaran ‘Ngaco’

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Sumbawa Barat Kompol Teuku Ardiansyah SH, Kabag Sumda Polres Sumbawa Barat Kompol Bachtiar, Kabag Ren Polres Sumbawa Barat AKP Tauhid, Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Sumbawa Barat Ny .Hj Hanifah Musyafirin S.Pt, Staf khusus Bupati Sumbawa Barat Beni Tanaya, Danramil 1628-01/ taliwang Kapten Inf Nyoman Suarka, Camat Maluk Anugerah, Kapolsek Maluk AKP Sidik P.M, Danramil 1628 – 02/Sekongkang di wakili oleh Peltu Nasirin, Kepala Desa Bukit Damai Suwardi, Ketua BPD Desa Bukit Damai M.Nur SE, Bhabinkamtibmas Desa Bukit Damai Brigadir Ramli, Perwakilan Dan Pos AL, Para kepala Desa se Kecamatan Maluk, Ketua lembaga adat se Kecamatan Maluk,Tokoh agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita, ibu-ibu PKK dan Pos yandu serta tamu undangan lainnya.(DND)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here