KSB (Obormerahnews.com)-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Sumbawa Barat, Dewi Setiyawati mengajak serta menghimbau Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati pergunakan media baik itu media Elektronik, Cetak, Online atau Radio untuk bersosialisasi ditengah Pandemi Covid 19.

Baca juga : Gedung DPRD Kab. Sukabumi Jadi Sasaran Aksi Vandalisme, Ini Tanggapan Ketua DPRD

Diketahui bahwa Kapolri Jenderal Idham Azis dalam hal ini Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berperan untuk mencegah klaster baru Covid-19. Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/2607/IX/OPS.2./2020 tanggal 7 September 2020 yang ditandatangani oleh Kabaharkam Polri. Dalam surat tersebut, Kapolri menyampaikan beberapa hal agar Pilkada Serentak 2020 tidak memunculkan kluster baru COVID-19. 

Adapun arahan tersebut ditujukkan untuk para Kasatgas/Kasubsatgas Aman Nusa II/2020, Kaopsda/Kapolda, Kaopsres/Kapolres.

“Pelajari, dan pahami Peraturan KPU No 5, 9, dan 10 Tahun 2020 terkait penerapan protokol kesehatan pada setiap tahapan Pilkada Khususnya Pembatasan Jumlah Peserta Kampanye (Rapat Umum max 100 orang, Ratas dan Debat masing-masing max 50 orang),” jelas Kapolri dalam telegramnya, pertanggal 7 September 2020.

Atas adanya himbauan Kapolri bahwa dalam pilkada tahun 2020 di tengah pandemi covid 19 peserta kampanye hanya sebatas 100 orang maka dirinya menghimbau Bapaslon sebaiknya mempergunakan Media atau wartawan untuk menerbitkan visi, misi ataupun program-program calon.

“Ditengah Pandemi covid 19 yang kembali melanda negeri ini, saya mengajak kepada seluruh Bapaslon agar mempergunakan wartawan atau media untuk mempublis profram-program Bapaslon, pers berperan untuk media kampanye Bapaslon,” ungkap Dewi.

Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19, DPD JOIN mengajak Bapaslon kampanye untuk pemilihan kepala daerah dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial atau media online, media elektronik dan media cetak. Di saat seperti ini, mengumpulkan massa untuk kampanye adalah sesuatu yang tidak mungkin, dan bukan langkah yang tepat untuk dilakukan.

Baca juga : DPRD Kab. Sukabumi Gelar Rapat Paripurna, Tandatangani KUPA-PPAS 2020

“Mempergunakan media atau pers lebih efektif untuk fokus menyampaikan program serta Visi dan Misi untuk KSB lebih baik kedepan. Saya juga menghimbau kepada seluruh insan pers di Kabupaten Sumbawa Barat, baik itu yang di dalam wadah organisasi pers JOIN ataupun pers yang diluar wadah JOIN turut serta berperan aktif mensukseskan pilkada Bupati dan Wakil Bupati KSB dengan memberikan informasi yang konstruktif kepada masyarakat. Semoga kita semua dihindarkan dari wabah Covid-19 ini,” demikian, Dewi tutupnya.(Red)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here