KSB (Obormerahnews.com)-Sejak melaksanakan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa  Bhaktimu Negeri Universitas Muhammadiyah Malang di Desa Labuhan Lalar Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang terdiri dari  Ketua PMM Adelia Nora Syaiswanti-prodi farmasi,Winda Maulana – prodi farmasi,Humairatul Karamah-prodi fisiotherapi, Dirah Sevtidila-prodi Ilmu Hukum, sudah banyak melakukan kegiatan kemasyarakatan di Desa Labuhan Lalar Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

Baca juga : Polres Sumbawa Barat Gelar Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan Covid -19

Kepada media ini, Selasa (22/9) Ketua PMM Universitas Muhammadiyah Malang Adelia Nora Syaiswanti menuturkan sejak hari Rabu (19/8) pendampingan kegiatan Bapak Dandim 1628/ Sumbawa Barat, Bapak Kapolres Sumbawa Barat dan Bapak Kepala BNNK Sumbawa Barat, pada giat Bakti Sosial di Desa Labuhan Lalar, dan di lanjutkan dengan pemasangan tempat cuci tangan yang dilakukan pada 3 titik di Desa Labuhan Lalar, 3 titik tersebut yaitu di Rumah Apung, Di Dusun Wara A, dan Dusun Wara B yang di terima langsung oleh kepala dusun masing-masing dan di terima langsung pula oleh ketua RT rumah apung,” jelas Adelia Nora Syaiswanti Ketua PMM UMM.

Lanjutnya, pemasangan tempat cuci tangan tersebut diharapkan mampu untuk mendukung di masa new normal ini, yang mana kita harus selalu cuci tangan di air mengalir dan cuci tangan harus menggunakan sabun serta memperhatikan langkah-langkah cuci tangan tersebut,” terangnya.

Adelia memaparkan keberadaan tempat cuci tangan ini di harapkan bisa membuat masyarakat sadar akan pentingnya cuci tangan di air mengalir dengan sabun di masa new normal ini. Cuci tangan yang bersih diharapkan setidaknya menurunkan resiko penularan covid-19,” paparnya.

Kegiatan lainnya yang di laksanakan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yaitu berkaitan dengan Sosialisasi dan edukasi di masa New Normal kepada masyarakat serta pembagian masker dan handsanitizer kepada masyarakat Desa Labuhan Lalar.

Hal itu dilakukan agar masyarakat siap untuk menghadapi new normal guna menghindari penyebaran covid-19, Kegiatan dilakukan pada tanggal 1 September 2020 dan 3 September 2020,” ungkap Adelia Nora Syaiswanti.

Ketua Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Bhaktimu Negeri Universitas Muhammadiyah Malang Adelia Nora Syaiswanti menambahkan , kami juga memberikan tutorial pembuatan jamu untuk meningkatkan daya tahan tubuh kepada Ibu – ibu PKK Desa Labuhan Lalar,  sekaligus memberikan jamu tersebut kepada ibu -ibu PKK, Kegiatan tersebut di lakukan pada tanggal 16 September 2020 di ujung masa Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Bhaktimu Negeri  Universitas Muhammadiyah Malang di Desa Labuhan Lalar,”  ujarnya.

Adelia Nora Syaiswanti – prodi farmasi,Winda Maulana – prodi farmasi,Humairatul Karamah – prodi fisiotherapi,  dan Dirah Sevtidila – prodi Ilmu Hukum, Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Bhaktimu Negeri  Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 30 Desa Labuhan Lalar Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat kepada media.ini menjelaskan, kegiatan sejak tanggal 18 Agustus 2020 sampai dengan tanggal 16 September 2020 sudah berakhir, dan sudah berpamitan kepada Bapak Rahmanuddin Kepala Desa Labuhan lalar beserta Staf Desa.

Pada kesempatan tersebut jumat (16/9) Kepala Desa Labuhan Lalar Rahmanuddin mengucapkan terima kasihnya atas Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Bhaktimu Negeri Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 30 yang sudah melaksanakan berbagai kegiatan 1 bulan penuh di Dusun – dusun yang berada di wilayah Desa Labuhan Lalar “, tuturnya.

Baca juga : Pembangunan RTLH, Salah Satu Sasaran Fisik  Satgas TMMD 109, Kodim 1607/Sumbawa Guna Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat  

Kepala Desa Labuhan Lalar Rahmanuddin juga menyampaikan permohonan maaf jika ada kekurangan baik dalam penerimaan ataupun selama adik – adik rekan mahasiswa berada di wilayah Desa Labuhan Lalar,” pungkasnya.(DND)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here