Majalengka (obormerahnews.com)-Jembatan Penghubung Dua Kabupaten Putus, jembatan tersebut merupakan perbatasan dua kabupaten, Kabupaten Majalengka dengan Kabupaten Tasikmalaya.

Baca : Sempat Putus Asa, Akhirnya Apin Warga Desa Muntur Indramayu Tersenyum Dengan Tangan Palsunya

Warga dua kabupaten di perbatasan antara Majalengka-Tasikmalaya‎ terpaksa harus memutar jauh. Alasannya, jembatan penghubung kedua kabupaten di wilayah Majalengka bagian selatan ini ambruk.

Satu truk pengangkut pasir terjebak pada Rabu sore, 06 Januari 2021. Sehingga, motor dan sepeda gowes sekali pun tidak bisa melewati jalur ini.

Jembatan ini berada di Blok Babakan Desa Cimuncang Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka. Jembatan ini telah cukup lama, kiprahnya membantu akses kelancaran dua warga di dua kabupaten dinggap cukup vital dan urgen.

Warga Tasikmalaya yang mau ke Malausma selalu lewat jalur ini, maupun sebaliknya, warga Malausma yang mau ke Tasikmalaya lebih banyak memilih untuk melalui jalur ini.

“Karena lebih cepat, warga selalu lewat jalur ini. Kini jembatannya ambruk, ya harus memutar jauh ke jalur Jahim,” ujar Baron pengendara asal Tasik, yang mau ke Malausma, Kamis, 7 Januari 2021.

‎Kepala Desa Cimuncang M. Engkus melalui Kaur Aset, Nia Kurniawati mengatakan, warga dua kabupaten memang terpaksa harus memutar cukup jauh, karena saat ini kondisi jalur telah terputus, jembatannya ambruk dan memutus jalan/akses.

“Jembatannya tak kuat menahan mobil pengangkut pasir. Kemarin, sejumlah mobil truk pengangkut pasir lewat sini, mobil ke empat terjebak dan memutus jembatan,” ungkapnya.

Nia menjelaskan, untuk menghindarkan pengendara yang belum mengetahui kondisi jalur, maka pihaknya telah memasang sejumlah papan informasi pengumumuman di setiap titik perempatan jalan, yang mau mengarah ke jembatan Cimuncang tersebut.

“Tujuannya, supaya para pengendara tidak memilih ke jalur ini, karena sudah tidak bisa dilewati,” ungkapnya. ‎

Sementara itu menurut sejumlah warga yang dekat dengan area jembatan, kondisi jembatan Cimuncang tersebut sudah berusia puluhan tahun. Sering dilalui oleh kendaraan mobil dan motor. Warga Tasikmalaya selalu lebih sering lewat jembatan jalur ini.

“Semoga segera diperbaiki. Karena akses jalur ini sering dilewati warga,” ungkapnya.

Baca juga : Jalan Cikupa-Karangkamiri Ciamis di Hotmix, Warga Ucapkan Syukur

Postingan dokumen foto netizen dari warga Malausma sudah banyak tersebar di sosial media facebook sejak pukul 15.00 WIB rabu sore.(Deny)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here