Jakarta Barat (obormerahnews.com)-Pemerintah Pusat menggulirkan dana bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp.300.000,- melalui Kementerian Sosial R.l, sebelunya bantuan sosial untuk masyarakat Jakarta berupa sembako di tahun 2020. Pencairan BST di wilayah Kecamatan Tambora Kota Administrasi Jakarta Barat telah diberikan juru bayar dari petugas kantor Pos Giro PT.Pos Indonesia secara serentak dilaksanakan pada Minggu pagi hingga sore (17/1/2021).

Baca juga : Tekan Penyebaran Covid 19, Polsek Ligung Bersama 3 Pilar Berikan Himbauan Penerapan PPKM Sekaligus Bagi Masker Gratis

Camat Tambora Bambang Sutarna dan 11 Lurah saat monitoring kegiatan pendistribusian bansos tunai tahun 2021 di kelurahan masing-masing dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan. Penyaluran BST diberikan kepada keluarga penerima manpaat (KPM) sesuai data yang telah di ferifikasi pihak Dinas Sosial DKI Jakarta.

Informasi yang diperoleh media obormerahnews.com, penyaluran BST yang terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Tambora berjalan tertib dan aman. Rangkaian kegiatan monitoring Tiga Piar Kecamatan Tambora dikawal anggota Satpol PP mengunjungi tempat pencairan BST di RW 04 Kelurahan Kredang. Bambang menghimbau saat warga mengambil pencairan uang BST agar disesuaikan lokasi tempat dengan tetap disiplin PSBB ketat menerapkan protokol kesehatan yaitu 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak) sehingga tidak terjadi  kerumunan masa upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Ditempat terpisah, kegiatan pengambilan BST di Tanah Sereal diapresiasi Lurah Hj.Suharti,S.Sos,MS.i didampingi staf keurahan Reik Hasyim Harahap,SE bersama Agung Nur Muhamad,S.Kom. Pada kesempatan tersebut Ketua RW 05 Sutriadi mengaku, kehadirannya sebagai bentuk kesiapsiagaan pengamanan dalam menciptakan kondisi lingkungan aman, nyaman tidak ada kerumunan warga di lokasi pengambilan uang.

Pemantauan di tempat pencairan bansos tunai di jalan Pekapuran 3 RT 001/05 dan RT 014/05 Tanah Sereal terlihat suasana sekitar lingkugan bersih dengan penerapan tata letak meja juru bayar dengan kursi penerima KPM sekitar 1,5 meter jarak antrian warga satu sana lain. Lokasi lingkungan tersebut sebelumnya dibersihan oleh petugas PPSU untuk acara pencairan BST dimulai sekitar pukul 09 00 WIB.

Ketua RW 05 Sutriadi dalam keterangannya, menjelaskan”Pihaknya menerima undangan penerima bansos tunai untuk pencairan uang keluarga penerima manpaat berjumlah 591 KK diantaranya di RT 001 sebanyak 33 KK” jelasnya melaui WhatsApp.

Menurut Ketua RT 001/05 Zaky ketika dikonfirmasi, memaparkan pencairan basos tunai diwilayahnya berjalan lancar sedangkan warga yang hendak mengambil pencaian uang diwajibkan memakai masker.

Ditambahkan Zaky, “Ada beberapa warganya  yang menerima bansos sembako di tahun 2020, kali ini nama yang bersangkutan tidak mendapatkan bansos tunai padahal mereka sudah mempunyai KK Jakarta” tegasnya.

Baca juga : Polwan Polres Metro Bekasi Kota Serahkan Bantuan Bingkisan dan Masker ke Kampung Tangguh Jaya di Kelurahan Aren Jaya Bekasi Timur

Seperti di ketahui hingga berita ini ditulis, DKI Jakarta terdapat 43 RW masuk data zona merah dari jumlah itu Jakarta Barat terdapat 2 RW diantaranya berada di kelurahan Glodok dan kelurahan Kemanggisan sebagaimana terdata di website corona.jakarta.go.id pada Selasa (19/12021).(Suranto)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here