Sumedang (obormerahnews.com)-Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang mengadakan pemilihan Kepala Perangkat Daerah dan Camat Juara menuju Sumedang Simpati tahun 2021″.

Baca juga : Dengan Operasi Yustisi, Polsek Situraja Sumedang Himbau Warga Patuhi Prokes

Seleksi tersebut telah menghasilkan 12 nominator yang masuk pada tahapan wawancara.

Ke 12 nominator tersebut terbagi dalam dua kategori, yakni 6 orang kategori Kepala Perangkat Daerah dan 6 orang Kategori Camat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman selaku Ketua Tim Penilai mengatakan, proses wawancara melibatkan lima orang penilai selaku Dewan Juri terdiri dari kalangan akademisi, tokoh masyarakat, LSM dan birokrat.

“Kami nanti akan ambil tiga orang terbaik dan selanjutnya 1 terbaik dari tiap kategori. Jadi ada Camat Juara dan Kepala SKPD Juara. Dengan harapan aura kompetisi bisa terasa pada tiap-tiap SKPD dan Kecamatan,” terangnya saat memberikan penjelasan kepada peserta seleksi di ruang kerjanya, Setda IPP, Kamis (21/1).

Sekda berharap ke 12 peserta wawancara yang terpilih bisa menjadi ‘role model’ untuk “memprovokasi” bahkan menjadi agen propaganda untuk dinas dan kecamatan yang lain.

“Karena propaganda masif bisa mempengaruhi, menggerakkan, dan menularkan kepada yang lain. Jadi saya harap ke 12 terpilih ini akan menjadi agen propaganda dengan tujuan yang baik,” ungkapnya.

Sekda juga menambahkan, dengan adanya seleksi tersebut, diharapkan nilai SAKIP pada tiap SKPD dan Kecamatan bisa lebih baik di tahun berikutnya.

“Dengan cara ini kita bisa akselerasi, saatnya kita menempatkan orang-orang terbaik pada tempatnya,” tegasnya.

Menurutnya, banyak momentum yang didapat oleh Kabupaten Sumedang, maka dari itu ia berharap setiap momentum jangan sampai terlewatkan.

“Jadi satu-satunya cara adalah keroyok habis-habisan sehingga kita betul-betul terdepan untuk berbagai bidang sehingga pada akhirnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan. Karena intinya bukan mendapatkan piala, namun rakyat sejahtera,” ujarnya.

Sekda juga mengatakan untuk mensejahterakan masyarakat maka diperlukan kinerja, namun diperlukan juga apresiasi, reward dan punishment.

“Kita sudah mendapatkan semua itu. Jadi saya tegaskan kembali bahwa pemerintahan kita ini hebat, namun kadang-kadang kita tidak sadar dengan kehebatan kita,” ucap Sekda.

Baca juga : Istri Mantan Wakil Presiden Ke 6 Melalui Dandim 0610 Sumedang Berikan Santunan Kepada Korban Meninggal Dunia Tanah Longsor

Terakhir Sekda mengatakan, indikator seleksi tersebut yakni kompetensi teknis, kompetensi sosial kultural, peran pemimpin, dan inovasi untuk akselerasi.(Abas)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here