Kota Tasik (obormerahnwws.com)-Biaya uang sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Tasikmalaya dikeluhkan sejumlah orang tua murid, pasalnya sekolah ini tidak ada memberikan keringanan pasca pandemi Covid-19, sehingga membuat sejumlah pihak bertanya-tanya tentang Sekolah Negeri tersebut.

Baca juga : Ketua DPD LPM Kab.Tasik Siap Dampingi Para Kades Terkait Kasus Penipuan Calo Anggaran Kemenpora

Sejumlah pihak menuding bahwa SMAN 1 hanya berkedok uang komite sekolah saja pihak sekolah mengutip sejumlah uang dari orang tua murid.

Uang yang ditagih sebesar 130,000 rupiah per siswa/siswi dalam tiap bulannya. “Iya pak benar sekarang sudah Rp130.000/bulan,” ujar salah seorang orang tua siswa yang enggan namanya dibuka, Selasa (2/2)

Dalam situasi Covid-19 berlangsung, para murid lebih banyak belajar dari rumah (online). Akan tetapi uang sekolah yang disebut-sebut uang komite tersebut tetap dibayarkan penuh para orang tua murid.

Lebih lanjut, Dia mengatakan bahwa dirinya merasa keberatan karena di masa pandemi covid-19 seharusnya pihak sekolah bisa mengerti dengan keadaan kami, jangan sampai di masa pandemi covid-19 ini menjadi azas manfaat dan memanfaatkan demi keuntungan semata,”katanya

“Setiap orangtua murid harus membayar sebesar Rp.1.300.000 jika di kalikan dengan jumlah murid yang ada di SMA Negeri 1 Tasikmalaya di mulai dari kelas X sampai kelas XII itu nilainya sangat fantastis,”bebernya.

Baca juga : Kompak, Kapolres Cirebon Kota bersama Dir Polair Polda Jabar, Bagi-bagi Masker dan Sosialisasi Vaksin

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Tasikmalaya H Anda Sujana, SPd mengakui adanya biaya tersebut, dia beralasan demi meningkatan program unggulan yang ada di SMAN 1 kota Tasik yang tidak terkafer oleh dana BOS Pusat dan BOPD,

“itu sudah sesuai dengan Permendikbud no.75 tahun 2016, selain itu pihak sekolah juga memberikan kelonggaran kepada orangtua murid yang tidak mampu untuk datang ke sekolah langsung dan sampai saat ini dana yang sudah terkumpul sekitar 27%,”imbuhnya.(DN)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here