Sumedang (obormerahnews.com)-Telkom sebagai salah satu ‘enabler’ (pendukung) untuk transformasi digital di Kabupaten Sumedang terus mendorong dan berkolaborasi bersama unsur pentahelix lainnya untuk mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Sumedang melalui transformasi digital.

Baca juga : Bupati Sumedang Mendapat Apresiasi Dari Telkomsel atas Upaya Mendukung Transformasi Digital

Hal itu disampaikan Rika Febriliantina selaku SM Bussines Government Enterprise Service Telkom Jawa Barat di Gedung Negara, Selasa (23/2/2021), pada kegiatan Launching SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) Kabupaten Sumedang.

“Kita sudah jalan bareng dengan Pemda Sumedang dua tahun lalu sejak awal kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati. Lebih banyak di sisi brain storming dan kolaborasi untuk mendorong Visi dan Misi Sumedang,”katanya.

Rika mengatakan, Telkom membantu menyediakan kebutuhan utama dalam implementasi transformasi digital yakni infrastruktur broadband konektivitas jaringan.

“Dalam hal ini Telkom membantu mengupayakan terkoneksinya jaringan internet mulai dari pemerintahan daerah dan diharapkan sampai ke masyarakat di desa-desa, termasuk internet untuk publik dengan adanya wifi” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini implementasi digital sudah menjadi suatu keniscayaan, terlebih dalam situasi pandemi teknologi informasi bukan hanya sebagai upaya peningkatan dan efisiensi layanan pemerintahan, sosial dan ekonomi, tapi telah menjadi kebutuhan dasar untuk dapat bertahan.

“Dalam kondisi pandemik ini, kebutuhan digital menjadi suatu yang ‘mandatory’ dan bukan lagi sebagai ‘improvement’ efektivitas pengelolaan pemerintahan dan masyarakat. Benar-benar menjadi kebutuhan dari sisi pemerintahan, ekonomi, sosial dan budaya,” kata Rika.

Dikatakan Rika, Kabupaten Sumedang sangat adaptif dan cepat dalam penerapan teknologi.

“Saya apresiasi Sumedang karena cepat mengambil keputusan dalam mewujudkan transformasi digital,” tuturnya.

Menurutnya, kelebihan Sumedang lainnya ialah dari sisi kolaborasi dalam mencari pilar-pilar pentahelix mulai dari akademisi, perusahaan, media dan komunitas, termasuk menggandeng Telkom.

Baca juga : Kapolres Majalengka Hadiri Launching Penerbangan Kargo Rute Bandara Internasional Kertajati Ke Bandara Hang Nadim-Batam

“Telkom akan hadir dalam setiap tahapan menuju terwujudnya Visi dan Misi Sumedang Simpati. Tujuan utamanya adalah kesejahteraan masyarat. Telkom mempunyai kewajiban sosial dimana teknologi yang diimplementasikan dikatakan berhasil ketika dirasakan masyarakat sampai terujung,” pungkasnya.(Abas)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here