Sumedang (obormerahnews.com)-Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya memiliki potensi lahan yang strategis untuk dikembangkan menjadi desa wisata. Pengembangan desa wisata ini rencananya akan dipusatkan di areal tanah kas desa Cibuluh dengan luas tanah seluas 12 hektar.

Baca juga : Dinas Sosial P2PA Kab.Sumedang Mengadakan Penyuluhan Kepada Warga

Sebagai tahap awal, pengembangan Desa Wisata dituangkan dalam Penandatanganan Perjanjian Pembuatan Konsep Cibuluh Resort dan Wisata Alam Sumedang, di Aula Kantor Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya, Selasa, (23/3/2021).

Penandatanganan Perjanjian pembuatan konsep ini ditandatangani oleh Kepala Desa Cibuluh Sukirman, Camat Ujungjaya Didin Hermawan dan Direktur Konsultan Emvipi Chamim Rusdi disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan.

Camat Ujungjaya Didin Hermawan mengatakan, bahwa posisi Desa Cibuluh memiliki peran yang strategis dalam pengembangan wilayah di kecamatan Ujungjaya. Namun demikian, kata Didin, desa Cibuluh ini masih mempunyai ‘PR’ yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan Didin, untuk meningkatkan kapasitas fiskal desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah Kecamatan Ujungjaya telah melakukan diskusi dengan Kades dan BPD Cibuluh,
yaitu dengan mengoptimalisasikan aset desa berupa tanah kas desa.

“Tuntutan masyarakat untuk disejahterakan terus meningkat. Salah satu ikhtiar yang dilakukan pemerintah desa di dukung oleh BPD adalah dengan mengoptimalkan aset desa. Tentunya ini harus sesuai dengan prosedur dan persyaratan yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan menyampaikan, Kabupaten Sumedang memiliki potensi yang besar dalam bidang pariwisata, tidak terkecuali Desa Cibuluh, yang memiliki potensi lahan yang strategis untuk dikembangkan menjadi Desa Wisata.

“Saya harap hal ini bisa segera terwujud tanpa ekses. Tentunya akan kita tempuh sesuai prosedur yang ada. Sekarang baru kerjasama konsep nanti akan kita tindaklanjuti dengan kerjasama pemanfaatan lahan,” katanya

Menurut Wabup, letak desa Cibuluh sangat strategis karena selain berada di kawasan industri BUTOMGEDE (Buahdua, Ujungjaya, Tomo dan Jatigede), juga berada 3 kilometer dari pintu tol Cisumdawu, 5 kilometer dari pintu to Cikedung atau Cipali dan 8 kilometer dari bandara Kertajati.

“Letaknya sangat strategis, makanya konsepnya alam dan pemandangannya selain ke Tol juga ke bandara. Nanti kita bisa lihat take off maupun landing pesawat dari tempat wisata ini. Tentunya ini jadi nilai tambah bagi desa Cibuluh untuk menarik wisatawan,” tuturnya.

Ia pun menegaskan, bahwa rencana pengembangan Desa wisata Cibuluh ini harus didukung pula oleh masyarakat setempat. Menurutnya, jika desa Cibuluh maju maka hal ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Jika desa Cibuluh ini maju, kehidupan masyarakatnya juga akan ikut terangkat, pendapatan ekonomi akan meningkat, dan ini harus dimanfaatkan oleh masyarakat,” pungkasnya.

Baca juga : Bupati Sumedang Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gapura TPAS

Turut Hadir dalam kesempatan tersebut
Kepala DPMPTSP Agus Suherman, Kadiskominfosanditik Iwa Kuswaer
Kadis PMD diwakili Sekdis Lili Ramli
Kepala Bappeda diwakili kabid ekonomi erwin dan Kepala Disparbudpora diwakili Kabid Pariwisata Ajat Sudrajat.(Abas)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here