Sumbawa Barat (Obormerahnews.com)-Perubahan musim dan cuaca cukup ekstrim yang terjadi dibeberapa wilayah telah berdampak pada timbulnya bencana alam baik banjir, tanah longsor, puting beliung, gempa bumi, tsunami, gunung meletus dan termasuk bencana non alam covid -19.

Baca juga : 2 Penghargaan Sekaligus di Peroleh DPC IPJI Kab. Ciamis Dari Kapolda Jawa Barat

Terkait hal tersebut guna mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana alam serta percepatan penanganan bencana non alam covid -19, Forkopimda Kabupaten Sumbawa Barat menggelar apel tiga pilar dan apel kesiap siagaan Penanggulangan bencana alam di lapangan graha fitra kompleks KTC  Kantor Bupati Sumbawa Barat Jl Bungkarno Kelurahan Kuang Kecamatan taliwang yang dipimpin Bupati Sumbawa Barat diwakili Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaefuddin, ST., Dandim 1628/SB Letkol Czi. Sunardi ST.,  M, IP.,  Kaporles di wakili Wakapolres Kapolres Sumbawa Barat Kompol Jamaluddin (Rabu 15/12/2021).

Disela – sela  kegiatan tersebut Dandim 1628/SB, Letkol Czi. Sunardi ST., MIP menyampaikan bahwa kegiatan Apel Gabungan Kesiapsiagaan sengaja digelar, kita tidak ingin bencana melanda kita namun demikian dengan perubahan iklim dan cuaca belakangan ini dipandang perlu untuk kita melakukan upaya untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan stealholder terkait guna mengecek kesiapan personil sarana prasarana yang ada manakala dibutuhkan, ujar Dandim.

Selain itu lanjut Dandim kegiatan apel gabungan sangat penting untuk mengingtakan kembali setiap personil akan tugas dan tanggungjawab termasuk alat perlengkapan yang ada saat dibutuhkan sudah siap untuk operasional dalam upaya penanganan bila sewaktu waktu dikerahkan”, pungkas Dandim.

Kita tidak ingin jadi pemadam kebakaran setelah terjadi baru terkesan binggung berbuat apa hal ini tidak boleh terjadi, untuk itu kegiatan apel gelar gabungan sangat penting, sebagai bagian dari mitigasi bencana dengan harapan dapat mengurangi resiko timbulnya korban baik material maupun personil ungkap Dandim.

Kondisi Covid -19 juga belum sepenuhnya berlalu, walau kecendrungan kasus covid terus menurun, menghadapi perayaan Natal dan Tahun baru Kita tidak boleh lengah untuk Itu  pos pos ppkm yang ada serta pembatasan kegiatan maysarakat, Target Vaksinasi tetap terus di tingkatkan karena kita tidak mau kecolongan, untuk itu kepada semua lapisan masyarakat untuk dapat berpartisipasi aktif sehingga akan berimbas positif juga untuk kembalinya aktifitas sosial ekonomi masyarakat, harap Dandim.

Sedangkan Wakil Bupati Sumbawa Barat Dalam arahan menyampaikan Kegiatan Apel Gabungan ini bertujuan sebagai upaya optimalisasi kesiapsiagaan menghadapi bencana alam dimusim ini, serta faktor lainnya seperti kebakaran hutan, banjir dan longsor, dengan bersama menjaga agar kondisi tetap aman dan nyaman.

 Untuk itu Kami instruksikan kepada seluruh Camat, kepala Kelurahan, Kepala desa yang wilayahnya rawan bencana agar lebih proaktif dan lebih meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan langkah-langkah deteksi dini dan penanganan awal dengan Bersinergi dengan stakeholder terkait diwilayahnya 

Bersama mensosialisasikan dan mengarahkan masyarakat agar dampak bencana dapat diwaspadai di masyarakat terutama yang daerahnya merupakan zona rawan bencana.

“Mari kita bersinergi dan tetap kompak dalam menjaga integritas dan meningkatkan koordinasi dimana dalam hal ini merupakan tugas bersama terkait Bencana Alam maupun Bencana Sosial di Kabupaten Sumbawa Barat,” Urai Wabup.

Adapun hadir pada kesempatan tersebut 
Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin ST. Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Sunardi. ST. M. IP. Kajari Sumbawa Barat Suseno, SH, MH.

Kepala BNNK Sumbawa Barat AKBP Cheppy Ahmad Hidayat, S Ag, Wakapolres Sumbawa Barat Kompol Jamaluddin,S.Sos, Sekda Sumbawa Barat Amar Nurmansyah, ST M Si., Kepala PLN Taliwang, Para Asisten, Kadis, Kaban, Kakan jajaran Pemda, Para Camat, Danramil, Kapolsek, Para Kades Se-Kab. Sumbawa Barat, 

Baca juga : Bupati Jeje Dikabarkan akan Mutasi Besar-besaran 20 Desember 2021, Eselon III A & III B Berganti

Sementara peserta appel gabungan sebagai berikut  1 SST TNI Kodim 1628/Sumbawa Barat, 1 SST Sat Brimob Kompi Sumbawa Barat 1 SST Sat Shabara Polres Sumbawa Barat, 1 SST Pol PP Pemda Sumbawa Barat, 1 SST BPBD Sumbawa Barat, 1 SST Damkar Kab. Sumbawa Barat, 1 SST Tim Reaksi Cepat ( TRC ), 1 SST Dinas Perhubungan, 1 SST Dinas Kesehatan Kab. Sumbawa Barat, 1 SST Dinas Pekerjaan Umum Kab. Sumbawa Barat, 1 SST PT PLN Taliwang para Agen PDPGR.(Red)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here