Sukabumi (obormerahnews.com)-Ada Kebanggaan tersendiri bagi warga yang sering melakukan perjalanan Sukabumi-Bogor PP sekarang sudah bisa kembali menggunakan Kereta Api.

Baca juga : Dandim 0612 Tasikmalaya Pimpin Langsung Upacara Kenaikan Pangkat Dan Korp Raport Pindah Satuan.

Dimana selama ini Kereta Api sejak Lama sudah tidak ber operasi dikarenakan pembetulan jalan lintas Rel yang rusak yang di akibatkan dan sejak dibetulkan nya Lintasan Atau Rel Kereta Api warga yang hendak melakukan perjalanan Sukabumi-Bogor mereka terpaksa menggunakan angkutan umum dan tetkadang warga jenuh dikarenakan perjalanan darat sering terjadi kemacetan .

Atas dibukanya Double Track atau Jalur Ganda untuk perkeretaapian ini warga sangan antusias menyambut dengan hati Gembira

Dikarenakan Warga sudah bisa kembali menggunakan Aatu pun melakukan perjalanan Ke Bogor atau ke Sukabumi Sudah bisa kembali menggunakan Kereta Api. lKementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama PT Kereta Api (KAI), Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), dan Pemerintah Daerah melakukan uji coba terbatas jalur ganda (double track) KA Bogor-Sukabumi PP. Dalam kes3mpatan ini Masyarakat berkesempatan untuk mengikuti uji coba terbatas itu.

Keberangkatan KA dimulai dari Stasiun Paledang. Lokasi tak jauh dari Stasiun Bogor. Sekitar pukul 14.00 WIB, rombongan dari Kementerian Perhubungan termasuk Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tiba di Stasiun Paledang.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri yang ikut hadir pada uji coba tersebut bersama Wali Kota Bogor Bima Arya dan beberapa pejabat lainnya.

Di dalam kereta sudah ada beberapa penumpang lain yang diberi kesempatan ikut dalam uji coba terbatas gratis ini. Sebagian besar merupakan warga Bogor yang ingin melakukan perjalanan ke Cicurug-Sukabumi.

Kesan pertama yang dirasakan saat menjajal KA Bogor-Sukabumi yaitu dari jalur rel kereta yang terasa lebih mulus, suara tidak terlalu bising dan berbagai fasilitas pelengkap seperti toilet, AC dan stop kontak.

Sepanjang jalan para penumpang bisa melihat pemandangan alam yang masih asri. Jembatan yang sempat longsor pun nampak sudah diperbaiki dan bisa dilalui kereta api.

Salah satu penumpang asal Bogor bernama Yudi mengaku senang bisa naik kereta ke Sukabumi. secara kebetulan ingin berkunjung ke rumah saudaranya di Cigombong Kabupaten Sukabumi.

“Terakhir naik kereta udah lama banget, dari sebelum pandemi. Tapi memang paling enak dan nyaman naik kereta terus murah juga. Saya mau ke saudara di Cigombong ,ujarnya . Perbedaannya lebih bagus ya, lebih cepat juga nyampenya,” kata Eviani kepada detikJabar, Minggu (3/4/2022).

Dia berharap, kereta tersebut dapat lebih cepat beroperasi untuk umum. Sehingga banyak warga yang dapat menggunakan jalur KA tersebut seperti sebelumnya.

Warga lain, Yani ( 35 thn ) mengatakan sudah ada 3 tahun saya tidak naik kereta api dan kebetulan saya tadi lagi di Bogor melihat ramai – ramai warga yang antusias ingin mencoba menaiki Kereta Api maka saya ingin menumpang sekalian kerumah saudara saya di Cicurug Kabupaten Sukabumi,”ungkap Yani.

Diketahui proyek pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Antara Bogor-Sukabumi (sepanjang 57 Km) merupakan Proyek Strategis Nasional sesuai dengan Perpres No. 56 Tahun 2018, dimana kegiatan pekerjaannya dimulai dari Tahun 2018. Dengan beroperasinya jalur tersebut waktu tempuh menjadi 80 menit dari sebelumnya mencapai 123 menit.

Baca juga : Aksi Heroik, Siswa Diktaifib Angkatan XLVIII Bebaskan Sandera

Warga berharap semoga Pelayanan Kereta Api ini kedepannya semakin lebih membaik. (Edy)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here