Sukabumi (obormerahnews.com)-Adanya pengaduan masyarakat terkait Banyaknya orang dalam gangguan Jiwa (ODGJ) serta penyandang disabilitas mental, serta orang terlantar ini di Kota Sukabumi maka Dinas Sosial Kota Sukabumi akan melakukan Penanganan langsung.

Baca juga : Masa Jabatan M Yusuf Berakhir 14 November, Pj Walikota Pengganti Belum Diketahui, Ridwan Kamil:Sudah Diusulkan

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial, Abdul Muiz, saat ditemui dikantornya pada 10 Mei 2022.

Adapun penanganan yang dilakukan yakni pada 7 Mei 2022, Dinas Sosial beserta para relawan mengantarkan seorang wanita penyandang disabilitas mental yang tengah mengandung lima bulan, kembali ke rumahnya di Kecamatan Cibeureum. Sedangkan pada 8 Mei 2022, dilakukan penanganan ODGJ yang kemudian ditempatkan sementara di rumah singgah sosial, sebelum akhirnya dijemput oleh pihak keluarga.

Penanganan lainnya yang dilakukan adalah 9 Mei lalu, kepada orang terlantar dari Tasikmalaya, yang ditemukan di kawasan Alun-alun, dan kemudian diantarkan ke Stasiun Kereta Lampegan, serta diberikan ongkos hasil urunan para relawan, untuk membeli tiket kereta, pulang ke tempat asal. Sementara pada tanggal 10 Mei, dilakukan pula penanganan ODGJ yang berkeliaran di Masjid Agung.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial menjelaskan bahwa penanganan, dilakukan berdasarkan informasi atau aduan masyarakat yang disampaikan kepada pihaknya.

Dijelaskan pula bahwa dalam setiap penanganan, dilibatkan pula Tagana serta relawan Social Rescue.

Baca juga : Kades Pusparaja Akui Dana Desa Dikerjakan Pihak Ketiga, Dedi Supriadi Sebut Bisa Buka Celah Korupsi

Asep salah satu warga Cibeureum mewakili Masyarakat khusus nya warga kota Sukabumi sangat berharap semakin berkurang nya ODGJ dan berharap Dimas Sosial Kota Sukabumi untuk lebih serius menangani nya demi kenyamanan , ungkap Asep. (sumber : diskominfokota smi )***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here