Pangandaran (obormerahnews.com)-Satgas Jaga Lembur Kabupaten Pangandaran akan menertibkan lapak pedagang yang melanggar aturan di sepanjang Pantai Pangandaran. Ini merupakan upaya pemerintah untuk menjaga icon pantai Pangandaran sebagai wisata andalan di Kabupaten Pangandaran.

Baca juga : Dinsos Kota Sukabumi dan Relawan Bergerak Cepat Tangani ODGJ

“Besok kami akan lakukan penertiban, dan sudah mengundang para pedagang ini untuk kita berikan arahan, kita cek KTP juga untuk memastikan pedagang pribumi dan pendatang untuk kemudian nanti kita arahkan terkait tempat berjualan yang tertib, begitu juga untuk para pedagang asongan,” kata dedengkot Satgas Jaga Lembur Ade Entik saat diwawancara dikantornya, Kamis (12/5/2022).

Satgas Jaga Lembur sebenarnya sudah melakukan penataan pedagang di Pantai Pangandaran bersama dengan pengelola wisata. Semua pedagang harus tertib terarah dan disiplin. Namun kenyataanya pada lebaran kemarin banyak yang berjualan tidak tertib hingga sempat memacetkan jalan.

Selama lebaran kali ini, jumlah pelanggaran terus menurun. Untuk itulah penertiban akan dilakukan secara rutin agar pedagang disiplin dan menaati aturan yang sudah disepakati.

“Penertiban akan terus dilakukan sampai semua pedagang tertib,” katanya.

Untuk mengantisipasi membludaknya wisatawan, petugas terus melakukan patroli secara rutin. Petugas juga terus memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada pedagang. Tidak sedikit ditegur karena melanggar dan membuang sampah sembarangan.

“Kami hampir kewalahan, karena bukan saja menertibkan para pedagang tapi harus mengatur kepadatan kendaraan dan wisatawan yang ada di pantai pangandaran,” ucapnya

Penertiban ini merupakan upaya untuk menjaga Pantai Pangandaran sebagai ikon pariwisata andalan di jawa barat sesuai dengan intruksi Bupati Pangandaran untuk penertiban para pedagang di kawasan wisata pantai pangandaran.

“kami sudah berkoordinasi dengan para pemilik hotel juga dinas terkait untuk penanggulangan sampah dan limbah dan Para pedagang juga menyadari, sehingga di waktu mendatang akan dilakukan upaya relokasi.

Ade juga berharap kedepannya agar pedagang, pemilik hotel juga masyarakat dan pemerintah terus bekerjasama untuk sama sama menjaga ketertiban dan kebersihan kawasan wisata pantai pangandaran.

Baca juga : Masa Jabatan M Yusuf Berakhir 14 November, Pj Walikota Pengganti Belum Diketahui, Ridwan Kamil:Sudah Diusulkan

“Saya kira dengan bekerjasama dan dukungan dari semua pihak kawasan wisata pantai pangandaran ini akan selalu bersih ,tertib dan tertata sehingga wisatawan tetap betah saat berkunjung,” tutupnya.(Riz)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here