Kab.Tasik Obormerehnews.com-Kepala Desa Tawangbanteng Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya mengaku pentingnya transparansi pengelolaan dana desa.

Baca juga : Baru Saja Dibangun, Proyek P3A di Desa Cimanuk Tasela Sudah Jebol, Diduga Asal Jadi

“Kita berusaha untuk transfaran, makanya kita undang para wartawan,” kata Kepala desa Tawangbanteng Nandang Abdul Azis usai mengunjungi hasil pekerjaa lapen di dusun Cipondoh belum lama ini

Menurutnya, kepala desa itu memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengelola dana desa yang jumlahnya tidak sedikit.

“Transparansi pengelolaan dana desa sangat penting. Pasalnya, pemerintah desa adalah ujung tombak pembangunan nasional. Apalagi pemerintah desa mengelola dana yang tidak sedikit, jumlahnya mencapai miliaran,” katanya

Ia menjelaskan, kepala desa memiliki tugas yang berat, karena kesejahteraan dan pembangunan SDM dimulai dari masyarakat desa.

“Yang harus diingat, dana desa bukan untuk memperkaya diri . Tapi, untuk membangun desa yang diharapkan bisa memberikan nilai tambah buat masyarakat,” jelasnya.

Masyarakat, lanjut Nandang, juga berhak mendapatkan akses dan informasi dalam pembangunan desa berdasarkan Pasal 68 Undang-Undang 6/2014 tentang Desa.

“Hal ini harus diketahui para kepala desa, sehingga pengelolaa dana desa harus bedasarkan pada transparansi dan akuntabilitas. Dan melaksanakannya bersama dengan masyarakat,” katanya.

Nandang juga mengatakan, setiap unsur dan individu harus terlibat untuk kemajuan desa, serta untuk mencapai transparansi pengelolaan dana desa. Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk aktif melakukan pengawasan guna menciptakan good governance.

Baca juga : Sambut Hari Bhayangkara ke-76, Polres Tasikmalaya Kota Gelar Bakti Kesehatan

“Masyarakat harus aktif melakukan pengawasan. Sampaikan informasi ke desa jika ditemukan kejanggalan atau penyimpangan. Masyarakat juga bisa mengadu secara langsung ke no Whatsapp saya tutup Nandang Abdul Azis.(Baron)**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here