Sumbawa Barat Obormerahnews.com-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), melaksanakan silaturahmi dengan insan6 media, bertempat di kila balad resto dan cafe, selasa (2/8/2022).

Baca juga: Murid SDN Banjarwangi Belajar di Tenda Darurat; Berkali-kali Ajukan Perbaikan, Disdik Kab.Tasik Tidak Merespons

Kegiatan BPJS  Kantor Sumbawa Barat Cabang Bima ini mengambil tema  Sinergi dan Kolaborasi yang dirangkaikan dengan sosialisasi digitalisasi layanan program JKN – KIS.

“Harapan saya dengan kegiatan ini dapat lebih mempererat kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan media agar lebih memudahkan dalam koordinasi dan konfirmasi terkait pemberitaan tentang JKN-KIS,” tutur Muhammad Ilham Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik Cabang Bima kepada awak media.

Muhammad Ilham mengucapkan terimakasih dan berikan apresiasi atas kehadiran awak media yang tergabung  dalam organisasii PWI Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh BPJS .

Ia menjelaskan latar belakang dalam undang- undang dasar tahun 1945 pasal 34 ayat 2 adalah Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan.

“Undang-Undang nomor 40 tahun 2004 Sistem Jaminan Sosial Nasional ( SJSN) yaitu Sistem untuk memberikan perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah program yang memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh penduduk indonesia (Universal Coverage 2019) integrasi jamkesda ke JKN,” jelasnya.

Masih di katakan Ilham dalam undang -undang nomor 24 tahun 2011 BPJS kesehatan sebagai Badan penyelenggara program JKN-KIS,sedangkan kartu Indonesia sehat (KIS) adalah kartu indentitas peserta JKN.

Ia juga menyampaikan melalui kegiatan ini pula ada inovasi-inovasi berbasis teknologi untuk mempermudah layanan bagi peserta JKN-KIS.

Sementara itu Kepala BPJS Sumbawa Barat Baiq Soraya Widiyanti mengatakan kiranya lewat kegiatan ini, menjadi bekal kita semua, terutama bagi teman-teman media sebagai ujung tombak menyajikan informasi bagi warga di Kabupaten Sumbawa Barat.

Layanan tersebut diantaranya adalah aplikasi Mobile JKN-KIS. Pada aplikasi tersebut terdapat fitur-fitur yang memudahkan peserta saat membutuhkan layanan JKN-KIS seperti fitur pendaftaran peserta, cek tagihan iuran, ubah data peserta, informasi ketersediaan tempat tidur, screening kesehatan, KIS digital, konsultasi dokter, layanan informasi dan pengaduan serta fitur lainnya.

“Berharap dengan adanya kerjasama dengan media, dapat membangun sinergi dan kolaborasi antara BPJS kesehatan dan awak media untuk terus memperkuat fungsi komunikasi publik terhadap penyebaran informasi terkait Program JKN sekaligus sebagai wadah untuk membangun kemitraan dengan stakeholder demi keberlangsungan program JKN khususnya di Kabupaten Sumbawa Barat dengan harapan semua daerah bisa mengikuti jejak Kabupaten Sumbawa Barat yang sudah IHC sejak 2016 sampai sekarang dengan sistem cut off yakni peserta bisa lngsung aktif saat di daftarkan khususnya PBI APBD (PBPU PEMDA).

Baca juga: Dihari Ketiga Semua Sasaran Fisik TMMD 114 Mulai Dikerjakan Satgas Bersama Masyarakat

Di tempat yang sama Ketua PWI KSB 
Hairil W Zakariah sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini, Menurutnya kalau bisa kegiatan seperti ini tetap rutin dilaksanakan agar sinertgitas media dan BPJS bisa tetap terjalin dengan baik,” pungkasnya.(Red).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here