Ciamis Obormerahnews.com-Sebanyak 386 unit bantuan rumah layak huni (Rutilahu) provinsi jabar dan 128 program rutilahu dari APBD Kabupaten Ciamis tahun 2022.

Baca juga: Satgas Jaga Lebur Kab.Pangandaran Berkerjasama Dengan Satpol PP Tertibkan Perahu Nelayan di Zona Wisata

Hal itu disampaikan Kepala bidang (Kabid) dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, Aris Taufik Abadi, dia menjelaskan bahwa pelaksanaanya di mulai dari pada bulan April kemarin yang kini pelaksanaanya sudah mencapai 40%.

“Sekitar 386 Unit rumah yang di rehab dari program Rutilahu Provinsi dan 128 rehab dan pembangunan rumah baru bersumber DAK dan APBD Kab. Ciamis kini pembangunannya sudah mencapai 40% karena pengerjaanya di mulai dari bulan April kemarin,” katanya

Aris berharap masyarakat bisa terbantu dengan program rutilahu ini dan juga membangkitkan nilai keswadayaan dan gotong royong di daerah, karena bantuan tersebut tidak akan mencukupi untuk merehabilitasi 1 rumah hingga layak huni. Tandasnya.

Kata Aris, teknis dan aturannya sama seperti Tahun-tahun sebelum,nya kriteria rumah layak huni seperti stukturna terjaga, cukup ruang dan kesehatan harus terpenuhi.

Aris juga menghimbau agar Masyarakat memanfaatkan bantuan sebaik mungkin untuk merehab rumah nya sesuai aturan dan untuk masyarakat Desa beharap kepedulian masyarakatnya tergugah dan ikut membantu membangun rumah layak huni di Daerah nya masing-masing,” Tandasnya.

Sementara itu, Abdul Kodir, Kepala Desa Imbanagara Raya saat di temui di Kantornya (04/08) mengaku, sangat berterimakasih dengan adanya bantuan untuk merehab dan membangun rumah warga kami itu sangat membantu sehingga masyarakat kami dapat memiliki rumah yang layak huni, dan semoga program ini berjalan lancar dan kondusif tidak ada masalah.

“Saya sebagai Kepala Desa Baru sangat berterimakasih kepada Pemerintah yang sudah membantu Masyarakat di Desa Imbanagara Raya melalui program rehab dan membangun rumah baru sehingga Masyarakat kami yang notabene kurang mampu dapat memiliki rumah yang layak huni. Dan berharap program ini berjalan dengan lancar dan semestinya tidak ada hal yang tidak di inginkan,” ucapnya.

Baca juga: Satgas Jaga Lebur Kab.Pangandaran Berkerjasama Dengan Satpol PP Tertibkan Perahu Nelayan di Zona Wisata

Terpisah, Keluarga penerima manfaat program rutilahu di Dusun Sela Awi Desa Imbanagara Raya Bapak Caca saat di temui mengatakan sangat bersyukur sekali karena menjadi KPM pembangunan rumah baru sehingga dirinya bisa membangun rumah untuk Anak nya. Pa Yaya mendapatkan barang yang di kirim material seperti semen 50 sak, bata 11.000, pasir 2 truk, besi 40 batang dan GRC 7 lembar,” pungkasnya.(Brata)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here