Pangandaran Obormerahnews.com-Dukungan duet Wakil bupati Pangandaran Ujang Endin dan Istri Bupati Pangandaran Ida Nurlela Jeje Wiradinata  mengemuka. Keduanya digadang-gadang sebagai cabup dan cawabup di Pilkada 2024. Dalam hitungan kursi, PDIP memang bisa mengusung paslon tanpa koalisi.

Baca juga: Gempa Bumi Berkekuatan 5,6 SR di Cianjur, Porak-porandakan Ratusan Rumah

Namun, pengamat politik, yang enggan namanya dibuka menilai duet tersebut berat terwujud. Ia tak yakin Ida Nurlela yang merupakan istri Ketua DPC PDIP sekaligus bupati dua periode itu bersedia menjadi ‘orang nomor dua’ di samping Ujang Endin (Ue)

“Berat terlaksana pasangan Ue-Ida. Karena mereka sama-sama satu partai dan juga Ida dan Ketua DPC PDIP tak akan mau. Masa iya istri Ketua DPC, Ida, di nomor dua? Jadi agak berat terwujud pasangan tersebut,” kata Dia saat dihubungi, Rabu (23/11).

Selain itu, dia melihat duet Ue dan IIda akan menutup peluang koalisi dengan partai lain. Artinya, cakupan pemilih PDIP akan semakin sempit di Pilkada 2024.

“Kalau benar dipasangin, peluang menangnya jauh. Karena keduanya kader partai yang sama. Partai-partai lain akan mengeroyoknya,” ujar dia.

Tetapi ia sekali lagi menekankan ini mustahil. Secara realistis, menurutnya tak mungkin Ida bersedia mewakili Ue.

“Ida itu istri pemilik partai. Tak akan mau jadi orang nomor dua. Itu realistis saja,” terangnya.

Sumber menilai jika Ue maju sebagai cabup di 2024, maka yang ideal mendampinginya adalah H Ino. Sebagai sosok berlatar belakang pebisnis, H Ino dinilainya cocok berduet dengan Ue

“Dengan H Ino cocok. Dari segi gaya masing-masing. Ue bergaya birokrasi, H Ino bergaya pengusaha. Artinya dia punya uang,” kata Dia.

Di sisi lain, menurutnya, fenomena pendukung Ue-Ida justru akan membuat keduanya semakin terbentur. Termasuk elite PDIP diduga akan terbelah

“Kelihatannya ada pihak atau sekelompok orang ingin mengadu domba Ue dengan Ida. Karena bagaimana pun secara politik sulit terlaksana,” tandasnya.

Baca juga: Pemasangan Pipa Minyak Pertamina Ditentang Warga, Anggota DPRD Ciamis: Jangan Sengsarakan Masyarakat

Sementara itu, dikabarkan DPC PDIP Kabupaten Pangandaran telah memberikan dukungannya kepada Ujang Endin.(Tim)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here